Makalah UNBK Materi Diskusi bahasa indonesia kelas XI
Kali ini saya akan membahas tentang ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Dalam proses KBM kebetulan guru saya memberi materi tentang diskusi dimana diskusi kali ini saya membahas tentang ujian nasional berbasis komputer. Di bawah merupakan contoh makalah ujian nasional.
APA ITU UNBK ?
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Ujian Akhir Nasional bisa dibilang sebuah penentuan dimana siswa akan lulus atau tidak. walau sebenarnya bukan salah satu penentuan kelulusan tetapi Ujian Akhir Nasional mampu membuat perhatian bagi setiap siswa-siswi di indonesia, salah
satu alat evaluasi yang dikeluarkan Pemerintah yang merupakan bentuk lain dari
Ebtanas (Evaluasi Belajar Tahap Akhir) yang sebelumnya dihapus. Pelaksanaan
Ujian Akhir Nasional (UAN) dalam beberapa tahun ini menjadi satu masalah yang
cukup ramai dibicarakan dan menjadi kontraversi dalam banyak seminar atau
perdebatan. Beberapa kali sempat terlontar rencana atau keinginan dari beberapa
pihak untuk menghapus atau meniadakan Ujian Akhir Nasional tersebut. Tidak
kurang dari Mendikbud sendiri pernah melontarkan pernyataan akan menghapus UAN,
dan pernyataan beberapa anggota Dewan yang mengusulkan penghapusan UAN
tersebut.
Terjadi perdebatan di masyarakat berkenaan dengan kebijakan pemerintah ini, ada yang mendukung UN dengan alasan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang memang terperosok jauh dari Negara tetangga dan ada yang menolak dengan beragam argumentasi kerugian yang timbul akibat pelaksanaan UN. Puncaknya ketika pada 14 September 2009 Mahkamah Agung (MA) memutuskan menolak kasasi perkara yang diajukan pemerintah dengan No 2596 K/PDT/2008.
Dalam isi putusan ini, tergugat yakni presiden, wapres, mendiknas, dan Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dinilai lalai memenuhi kebutuhan hak asasi manusia (HAM) di bidang pendidikan. Pemerintah juga lalai meningkatkan kualitas guru. Dengan demikian MA melarang UN yang diselenggarakan oleh Depdiknas. Sehingga terjadi permasalahan yang belum ada kejelasan hingga saat ini, apakah UN tetap dijalankan dengan mekanisme dan prosedur yang diperbaiki atau UN dihapus berganti dengan kebijakan lain. Meskipun perkembangannya pada akhirnya UN tetap dilaksanakan dengan memberikan keringan bagi yang tidak lulus UN untuk mengulang kembali mata pelajaran yang tidak lulus.
Terjadi perdebatan di masyarakat berkenaan dengan kebijakan pemerintah ini, ada yang mendukung UN dengan alasan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang memang terperosok jauh dari Negara tetangga dan ada yang menolak dengan beragam argumentasi kerugian yang timbul akibat pelaksanaan UN. Puncaknya ketika pada 14 September 2009 Mahkamah Agung (MA) memutuskan menolak kasasi perkara yang diajukan pemerintah dengan No 2596 K/PDT/2008.
Dalam isi putusan ini, tergugat yakni presiden, wapres, mendiknas, dan Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dinilai lalai memenuhi kebutuhan hak asasi manusia (HAM) di bidang pendidikan. Pemerintah juga lalai meningkatkan kualitas guru. Dengan demikian MA melarang UN yang diselenggarakan oleh Depdiknas. Sehingga terjadi permasalahan yang belum ada kejelasan hingga saat ini, apakah UN tetap dijalankan dengan mekanisme dan prosedur yang diperbaiki atau UN dihapus berganti dengan kebijakan lain. Meskipun perkembangannya pada akhirnya UN tetap dilaksanakan dengan memberikan keringan bagi yang tidak lulus UN untuk mengulang kembali mata pelajaran yang tidak lulus.
B.
Rumusan Masalah
Masalah pokok yang akan dibahas
dalam makalah ini adalah :
1. Apakah yang dimaksud dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer?
2. Kelebihan dan kekurangan UNBK?
3. Bagaimana
Pelaksanaan UNBK?
4. Apakah Ujian
Nasional masih dianggap perlu untuk dilaksanakan?
5. Solusi dalam melaksanakan UNBK
C.
Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah ini
adalah sebagai berikut :
1. Untuk
mengetahui tentang konsep pengertian
UNBK.
2. Untuk mengetahui
konsep dan batasan Ujian Nasional.
3. Untuk
mengetahui bagaimana Pelaksanaan Ujian Nasional.
4. Untuk
mengetahui apakah Ujian Nasional masih dianggap perlu untuk dilaksanakan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)
1.
Pendapat Umum
Ujian
Nasional yang selanjutnya disebut UN adalah kegiatan pengukuran dan penilaian
kompetensi peserta didik secara nasional pada jenjang pendidikan menengah. Ujian Nasional (UN) merupakan istilah bagi
penilaian kompetensi peserta didik secara nasional pada jenjang pendidikan
dasar dan menengah. Berbagai polemik yang berkepanjangan mengenai Ujian
Nasional di Indonesia tampak baik bagi demokrasi di negeri ini. Tapi satu hal
yang jangan
terlupa bahwa siswa peserta UN jangan sampai dibuat ragu atau takut tentang
kepastian Ujian Nasional sebagai sarana untuk mengukur kemampuan mereka di
bangku sekolahnya. Oleh karena itu agar keraguan berkurang di kalangan dunia
kependidikan, kami dari Tim Ujian Nasional mencoba menyampaikan beberapa hal
yang dipandang penting terutama dalam hal dalam kebijakan UN 2011 yang tentunya
diharapkan dapat menjadi bekal bagi para siswa agar mereka cukup persiapan
dalam menghadapi Ujian Nasional
2011.
2.
Pendapat
kelompok
Penilaian
pendidikan bisa berarti ganda, baik sebagai sarana assesmen dalam rangka
perbaikan kualitas pembelajaran bagi peserta didik, bisa juga sebagai sarana
untuk menentukan keberhasilan pendidikan secara keseluruhan. Pada dasarnya,
penilaian pendidikan ada dalam rangka membantu pengambilan keputusan baik dalam
pelaksanaan proses pendidikan itu sendiri atau bisa bersifat evaluasi terhadap
keberhasilan pendidikan secara keseluruhan.Selanjutnya, dalam makalah ini,
penilaian pendidikan dibatasi kepada penilaian dalam arti assesmen.
B.
Kelebihan dan
Kekurangan UNBK
1. Kelebihan
UNBK
v
Siswa dapat melihat langsung mana soal
yang benar dan yang salah
v
Dapat memberi dapak positif dari siswa
atau paerkembangan kepribadian seseorang
v
Membiasakan, dan melatih peserta didik
untuk berbuat jujur, karena mereka dituntut untuk jujur dan objektif dalam
melakukan penilaian
2.
Kekurangan UNBK
v Dari sisi
komputernya,terkadang ada kendala-kendala yang tidak terduga yaitu waktu
listriknya matisehingga nilai ada yang tidak tersimpan langsung diservernya dan
ada yang tidak bisa connex.
v Terlalu banyak
siswa maka terlalu banyak tingkat keramaianyakarena antara komputer satu dengan
yang lainya terlalu rapat, sehingga tidak objektif kalau mengerjakan soal
tersebut.
v Walaupun soal
diacak,siswa masih saja mencontek kepada temannya.
A.
Dampak Pelaksanaan
UNBK
UN
1)
Siswa
menjadi Depresi dan sangat tertekan karena Ujian Nasional seolah olah tidak
bisa diprediksi materi yang akan diujikan
2)
Karena
Standard pengajaran diseluruh Indonesia berbeda – beda, sesuai dengan kualitas
pengajar, tingkat ekonomi didaerah, dan lain lain, maka sulit untuk dilakukan
penyeragaman soal ujian. Bayangkan saja sekolah yang berbeda standard
pengajarannya dipaksakan harus mengerjakan soal yang sama.
3)
Pembuat
soal kurang turun ke lapangan, meninjau sekolah sekolah terpencil untuk
mengetahui sebaiknya materi Ujian itu sampai tingkat yang bagaimana.
4)
Di
beberapa kasus terjadi kesalahan dari sistim koreksi yang dilakukan untuk
menilai hasil ujian Nasional ini, contohnya ada kasus dimana satu sekolah tidak
lulus ujian dan selanjutnya dilakukan ujian ulang. Bagaimana Pemerintah bisa
yankin bahwa sistim penilaiannya sudah benar, seandainya saja pada contoh kasus
diatas yang mengalami kesalahan penilaian hanya 11 orang, mungkin ujiannya
tidak bisa diulang. Dan jadilah siswa yang apes tadi harus menerima nasib ia
tidak lulus ujian.
B.
Solusi Dalam
UNBK
Dalam kondisi tersebut sekolah/madrasah harus mengambil tindakan
berdasarkan petunjuk teknis yang ditetapkan oleh bidang pelaksanaan UNBK
pusat,kondisi khusus tersebut mencakup antara lain : listrik padam,kerusakan
peralatan, atau sarana/prasarana,kerusakan sistem,hambatan jaringan,dan
sebagainya
Bentuk tindakan penanganan kondisi khusus tersebut mencakup antara lain :
perubahan jadwal pelaksanaan UNBK,penggantian pelaksanaan dari UNBK ke
UN-PBT,atau pentuk lain yang ditetapkan, bidang pelaksanaan UNBK tingkat pusat
dan dilaporkan kepada peyelenggaraUN
Pelaksanaan ujian yang tidak sesusai dengan petunjuk pelaksanaan UNBK dan
kejadian-kejadian khusus serta tindakan penangannya dilaporkan oleh satuan
pendidikan pelaksana UNBK disertai dengan berita acara pelaksannan UNBK
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari
penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa Ujian Nasional yang
diberlakukan oleh pemerintah melalui Departemen Pendidikan tidak lain mempunyai
tujuan mulia untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional yang terpuruk dari
Negara lain terutama di wilayah Asia Tenggara. Meskipun akhirnya terjadi
kontroversi di tengah masyarakat dan berakibat keluarnya putusan MA, yang
melarang dilaksanakannya UN pada tahun ajaran 2009/2010.
B. Saran
Adapun beberapa hal yang dapat kami sarankan terhadap
pemerintah perlu
dilakukan dalam pelaksanaan UN selanjutnya yaitu:
1.
UN
tetap dilaksanakan tetapi soal UN diselaraskan dengan tingkatan Akreditasi
masing-masing sekolah.
2.
Membentuk
kepanitiaan independen dalam pelaksanaan UN dari tingkat pusat,sampai ke
sekolah-sekolah. Bukan hanya itu, Panitia Independen juga bertugas menjadi
pengawas ruang saat berlangsungnya ujian, mengawasi dan atau mengumpulkan
lembar-lembar jawaban, sampai dengan pengawasan dalam proses penilaian dan pengumuman
hasil ujian nasional.
3.
Pemerintah
pusat dan daerah perlu terus menerus meningkatkan pengalokasian anggaran di
bidang pendidikan agar kualitas pendidikan dinegeri ini semakin meningkat dan
merata.
4.
Para
pendidik dan pemerintah daerah negeri ini perlu belajar kembali tentang
norma-norma kejujuran, sehingga tidak dengan mudah menerapkan segala cara dalam
mendongkrak nilai UN siswa.
DAFTAR
PUSTAKA
perpustakaan
Komentar
Posting Komentar