Makalah UNBK Materi Diskusi bahasa indonesia kelas XI



Kali ini saya akan membahas tentang ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Dalam proses KBM kebetulan guru saya memberi materi tentang diskusi dimana diskusi kali ini saya membahas tentang ujian nasional berbasis komputer. Di bawah merupakan contoh makalah ujian nasional. 

APA ITU UNBK ? 


BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang  
           
Ujian Akhir Nasional bisa dibilang sebuah penentuan dimana siswa akan lulus atau tidak. walau sebenarnya bukan salah satu penentuan kelulusan tetapi Ujian Akhir Nasional mampu membuat perhatian bagi setiap siswa-siswi di indonesia, salah satu alat evaluasi yang dikeluarkan Pemerintah yang merupakan bentuk lain dari Ebtanas (Evaluasi Belajar Tahap Akhir) yang sebelumnya dihapus. Pelaksanaan Ujian Akhir Nasional (UAN) dalam beberapa tahun ini menjadi satu masalah yang cukup ramai dibicarakan dan menjadi kontraversi dalam banyak seminar atau perdebatan. Beberapa kali sempat terlontar rencana atau keinginan dari beberapa pihak untuk menghapus atau meniadakan Ujian Akhir Nasional tersebut. Tidak kurang dari Mendikbud sendiri pernah melontarkan pernyataan akan menghapus UAN, dan pernyataan beberapa anggota Dewan yang mengusulkan penghapusan UAN tersebut.                       
     Terjadi perdebatan di masyarakat berkenaan dengan kebijakan pemerintah ini, ada yang mendukung UN dengan alasan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang memang terperosok jauh dari Negara tetangga dan ada yang menolak dengan beragam argumentasi kerugian yang timbul akibat pelaksanaan UN. Puncaknya ketika pada 14 September 2009 Mahkamah Agung (MA) memutuskan menolak kasasi perkara yang diajukan pemerintah dengan No 2596 K/PDT/2008
.     
     Dalam isi putusan ini, tergugat yakni presiden, wapres, mendiknas, dan Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dinilai lalai memenuhi kebutuhan hak asasi manusia (HAM) di bidang pendidikan. Pemerintah juga lalai meningkatkan kualitas guru. Dengan demikian MA melarang UN yang diselenggarakan oleh Depdiknas. Sehingga terjadi permasalahan yang belum ada kejelasan hingga saat ini, apakah UN tetap dijalankan dengan mekanisme dan prosedur yang diperbaiki atau UN dihapus berganti dengan kebijakan lain. Meskipun perkembangannya pada akhirnya UN tetap dilaksanakan dengan memberikan keringan bagi yang tidak lulus UN untuk mengulang kembali mata pelajaran yang tidak lulus.        

B.     Rumusan Masalah         
Masalah pokok yang akan dibahas dalam makalah ini adalah :
1.   Apakah yang dimaksud dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer?
2.   Kelebihan dan kekurangan UNBK?
3.    Bagaimana Pelaksanaan UNBK?             
4.    Apakah Ujian Nasional masih dianggap perlu untuk dilaksanakan?
5.  Solusi dalam melaksanakan UNBK

C.    Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.    Untuk mengetahui tentang konsep pengertian UNBK.
2.    Untuk mengetahui konsep dan batasan Ujian Nasional.
3.    Untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Ujian Nasional.
4.    Untuk mengetahui apakah Ujian Nasional masih dianggap perlu untuk dilaksanakan.








 
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)
1.      Pendapat Umum
     Ujian Nasional yang selanjutnya disebut UN adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik secara nasional pada jenjang pendidikan menengah. Ujian Nasional (UN) merupakan istilah bagi penilaian kompetensi peserta didik secara nasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Berbagai polemik yang berkepanjangan mengenai Ujian Nasional di Indonesia tampak baik bagi demokrasi di negeri ini. Tapi satu hal yang  jangan terlupa bahwa siswa peserta UN jangan sampai dibuat ragu atau takut tentang kepastian Ujian Nasional sebagai sarana untuk mengukur kemampuan mereka di bangku sekolahnya. Oleh karena itu agar keraguan berkurang di kalangan dunia kependidikan, kami dari Tim Ujian Nasional mencoba menyampaikan beberapa hal yang dipandang penting terutama dalam hal dalam kebijakan UN 2011 yang tentunya diharapkan dapat menjadi bekal bagi para siswa agar mereka cukup persiapan dalam menghadapi Ujian Nasional 2011.
2.      Pendapat kelompok
       Penilaian pendidikan bisa berarti ganda, baik sebagai sarana assesmen dalam rangka perbaikan kualitas pembelajaran bagi peserta didik, bisa juga sebagai sarana untuk menentukan keberhasilan pendidikan secara keseluruhan. Pada dasarnya, penilaian pendidikan ada dalam rangka membantu pengambilan keputusan baik dalam pelaksanaan proses pendidikan itu sendiri atau bisa bersifat evaluasi terhadap keberhasilan pendidikan secara keseluruhan.Selanjutnya, dalam makalah ini, penilaian pendidikan dibatasi kepada penilaian dalam arti assesmen.

B.     Kelebihan dan Kekurangan UNBK
1.      Kelebihan UNBK
v  Siswa dapat melihat langsung mana soal yang benar dan yang salah
v  Dapat memberi dapak positif dari siswa atau paerkembangan kepribadian seseorang
v  Membiasakan, dan melatih peserta didik untuk berbuat jujur, karena mereka dituntut untuk jujur dan objektif dalam melakukan penilaian
2.      Kekurangan UNBK
v  Dari sisi komputernya,terkadang ada kendala-kendala yang tidak terduga yaitu waktu listriknya matisehingga nilai ada yang tidak tersimpan langsung diservernya dan ada yang tidak bisa connex.
v  Terlalu banyak siswa maka terlalu banyak tingkat keramaianyakarena antara komputer satu dengan yang lainya terlalu rapat, sehingga tidak objektif kalau mengerjakan soal tersebut.
v  Walaupun soal diacak,siswa masih saja mencontek kepada temannya.                                                                                                                     

A.    Dampak Pelaksanaan UNBK UN       
1)      Siswa menjadi Depresi dan sangat tertekan karena Ujian Nasional seolah olah tidak bisa diprediksi materi yang akan diujikan
2)      Karena Standard pengajaran diseluruh Indonesia berbeda – beda, sesuai dengan kualitas pengajar, tingkat ekonomi didaerah, dan lain lain, maka sulit untuk dilakukan penyeragaman soal ujian. Bayangkan saja sekolah yang berbeda standard pengajarannya dipaksakan harus mengerjakan soal yang sama.
3)      Pembuat soal kurang turun ke lapangan, meninjau sekolah sekolah terpencil untuk mengetahui sebaiknya materi Ujian itu sampai tingkat yang bagaimana.
4)      Di beberapa kasus terjadi kesalahan dari sistim koreksi yang dilakukan untuk menilai hasil ujian Nasional ini, contohnya ada kasus dimana satu sekolah tidak lulus ujian dan selanjutnya dilakukan ujian ulang. Bagaimana Pemerintah bisa yankin bahwa sistim penilaiannya sudah benar, seandainya saja pada contoh kasus diatas yang mengalami kesalahan penilaian hanya 11 orang, mungkin ujiannya tidak bisa diulang. Dan jadilah siswa yang apes tadi harus menerima nasib ia tidak lulus ujian.
B.     Solusi Dalam UNBK
Dalam kondisi tersebut sekolah/madrasah harus mengambil tindakan berdasarkan petunjuk teknis yang ditetapkan oleh bidang pelaksanaan UNBK pusat,kondisi khusus tersebut mencakup antara lain : listrik padam,kerusakan peralatan, atau sarana/prasarana,kerusakan sistem,hambatan jaringan,dan sebagainya
Bentuk tindakan penanganan kondisi khusus tersebut mencakup antara lain : perubahan jadwal pelaksanaan UNBK,penggantian pelaksanaan dari UNBK ke UN-PBT,atau pentuk lain yang ditetapkan, bidang pelaksanaan UNBK tingkat pusat dan dilaporkan kepada peyelenggaraUN
Pelaksanaan ujian yang tidak sesusai dengan petunjuk pelaksanaan UNBK dan kejadian-kejadian khusus serta tindakan penangannya dilaporkan oleh satuan pendidikan pelaksana UNBK disertai dengan berita acara pelaksannan UNBK




          BAB III
                                                        PENUTUP

A.    Kesimpulan

     Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa Ujian Nasional yang diberlakukan oleh pemerintah melalui Departemen Pendidikan tidak lain mempunyai tujuan mulia untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional yang terpuruk dari Negara lain terutama di wilayah Asia Tenggara. Meskipun akhirnya terjadi kontroversi di tengah masyarakat dan berakibat keluarnya putusan MA, yang melarang dilaksanakannya UN pada tahun ajaran 2009/2010.     

B.     Saran
Adapun beberapa hal yang dapat kami sarankan terhadap pemerintah perlu dilakukan dalam pelaksanaan UN selanjutnya yaitu:
1.      UN tetap dilaksanakan tetapi soal UN diselaraskan dengan tingkatan Akreditasi masing-masing sekolah.
2.      Membentuk kepanitiaan independen dalam pelaksanaan UN dari tingkat pusat,sampai ke sekolah-sekolah. Bukan hanya itu, Panitia Independen juga bertugas menjadi pengawas ruang saat berlangsungnya ujian, mengawasi dan atau mengumpulkan lembar-lembar jawaban, sampai dengan pengawasan dalam proses penilaian dan pengumuman hasil ujian nasional.
3.      Pemerintah pusat dan daerah perlu terus menerus meningkatkan pengalokasian anggaran di bidang pendidikan agar kualitas pendidikan dinegeri ini semakin meningkat dan merata.
4.      Para pendidik dan pemerintah daerah negeri ini perlu belajar kembali tentang norma-norma kejujuran, sehingga tidak dengan mudah menerapkan segala cara dalam mendongkrak nilai UN siswa.

DAFTAR PUSTAKA
perpustakaan    


Komentar

Postingan Populer